Inilah Jenis Petasan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Djalu  Febry |  Meskipun dikenal berbahaya, tidak bisa dipungkiri bahwa petasan juga turut memeriahkan datangnya bulan puasa atau bahkan sudah menjadi sebuah tradisi. Biasanya bermain petasan dilakukan saat selesai menunaikan ibadah solat tarawih ataupun setelah saur. Dengan harga yang relatif murah, Anda sudah bisa memilikinya dan mendapatkannya di warung-warung sekitar tempat Anda tinggal. Siapa yang tidak kenal petasan korek atau petasan Janwe? Kedua jenis petasan ini termasuk jenis petasan yang sering dibeli orang. Yuk kita cari tahu jenis-jenis petasan apa aja yang sering kita temui di bulan puasa ini.
1. Petasan Cabe Rawit
Siapa yang tidak kenal petasan satu ini ? Panjangnya seukuran batang korek api. Ada sumbu di ujungnya. Nah, sumbunya ini yang dibakar, nanti dia bakal meledak. Suaranya lumayanlah bikin kuping kita pengang. Kenapa dinamain petasan cabe rawit? Mungkin karena bentuknya yang kecil tapi suaranya gede. Lumayan bikin kaget dan kesel kalo kita lagi dikerjain anak-anak kecil yang lagi main petasan jenis ini.
2. Petasan Janwe
Nah petasan yang satu ini emang lumayan seru nih! Punya bentuk yang panjangnya kira-kira 5-10 cm terus ada lidi dan sumbunya dibawah. Kalo sumbunya dibakar, petasan ini akan terbang dan meledak di udara. Tidak sedikit di daerah perkampungan tertentu ada yang namanya perang petasan Janwe, jadinya udah kaya perang udara deh tuh.
3. Petasan Kentut
Ketika denger namanya aja kita pasti udah tauklah gimana petasan ini bekerja. Petasan ini sih emang gak menghasilkan suara meledak, tapi efek petasan ini adalah ngeluarun bau layaknya bau kentut. Udah pernah nyium kentut naga? Kalo belom, ya kamu cari aja petasan kentut. Bentuknya macem-macem. Ada yang kayak batu, tinggal banting ntar dia ngeluarin gas.
4. Petasan Korek
Bentuknya kayak gimana tuh? Ya namanya aja udah petasan korek, masa bentuknya kayak koper. Udah pasti mirip korek. Cara kerjanya juga kayak korek. Digesek ampe nyala apinya, trus ditiup ampe ngeluarin asep. Kalo udah berasep, tanndanya tuh petasan udah aktif. Lempar dah biar tuh petasan nggak kena tangan. Biar kecil-kecil gini, petasan ini ngeluarin bunyi yang cukup kenceng, lho.
beritajakarta.com
Diposting oleh — Kamis, 26 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Inilah Jenis Petasan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa"

Tambahkan komentar anda :